Posted in Eksplorasi OASE 2019

EKSPLORASI JOURNAL DAY #2

Senin, 11 November 2019

4:00 wib

Aku bangun sekitar jam 4 pagi karena dibangun oleh temanku : Dilan & Giga, aku segera ambil botol minum ku karena aku haus saat itu. Lalu kami keluar dari kamar kami untuk sholat Subuh tetapi kata ibu asuh kita, kita harus makan camilan dulu biar dapat energi untuk jalan ke masjid. Sesudah kami makan camilan kita, kita jalan ke masjid untuk sholat subuh. Setelah itu kami ke saung KaZu (Kampung Zuhud) untuk briefing bersama para mentor, mentor kami adalah Kak Kristin. Setelah briefing kami balik ke rumah asuh kita untuk membantu membuat perkedel. Lalu kami makan, Makanannya adalah : Nasi dan Perkedel + Sambal + Sop.

6:00 wib

Pak Ondin, bapak asuhku mengajak kami utk berburu tupai, awalnya aku hanya ingin menyentuh dan mengaguni senapan angin itu, ketika pak Ondin mengajak kami utk berburu aku merasa “wauw ini beneran ga sih?” dan akhirnya kami berjalan ke hutan, di tengah perjalanan, bertemu dengan group Tauru (Billy, Aka, Athar) yang memutuskan untuk bergabung, namun sayangnya kami tidak menemukan hasil buruan, tapi aku & yang lain sangat menikmati berjalan kaki masuk ke hutan ini dan berharap bisa melakukan lagi.

Setelah berjalan jauh, aku & teman2 diajak untuk menyembelih ayam, aku dan Giga setuju tapi Dilan tidak. Aku memegang kaki ayamnya sambil Pak Ondin memotong kepalanya, dan Giga bertugas untuk menyuci ayamnya.

11:00 wib

Setelah kami menyembelih ayam aku menggoreng ayam dibantu membuat bumbunya oleh Ibu Heni (istri Pak Ondin sekaligus Ibu asuh), sementara Dilan & Giga ngobrol sama Pak Ondin. Makan siang bersama keluarga pak Ondin siang itu rasanya enak banget, terutama menu ayam gorengnya lezat sekali.

Hal lain yang paling kuingat ketika berada di Kazu adalah saat harus mencuci bajuku sendiri. Mencuci baju di sini agak berbeda dengan di rumah. Kalau di rumah, baju kotor tinggal masukin, pencet program, lalu selesai. Di Kazu, aku mendapat pengalaman baru mencuci baju dengan kedua tangan, rasanya pegal dan lelah. Tapi, aku juga merasa lega karena punya baju dan celana ganti lagi. Dari hasil kerjaku sendiri.

Sesudah aku menyuci baju aku keluar dan berjalan menuju saung, lalu bertemu Nico dan mengatakan kalau anak kampung Zuhud mengajak kami untuk tanding main bola. Kami pun bertanding bola dan sayangnya kami telah dikalahkan oleh anak-anak kampung Zuhud yang jago main bola,

16:00 wib

Dan kami semua balik kerumah ortu asuh kami masing-masing untuk mandi dan mempersiapkan diri untuk sholat maghrib. Setelah sholat maghrib kami briefing bersama mentor kami. Rasa lapar terasa dijam briefing jadilah kami makan malam bersama, dan sekitar jam 9 malam kami pulang ke rumah orang tua kami lalu tidur.

PHOTOS :

Author:

Hi my Name is Rakka Tangguh, Just call me Rakka. I love to play game and Basketball. Enjoy my post guys, See ya, RT (Rakka Tangguh)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s